Latar Belakang

          Pada Era Society 5.0 perkembangan ilmu akuntansi sangat pesat. Para akuntan akan dihadapkan untuk hidup berdampingan dengan teknologi. Lulusan mahasiswa akuntansi kedepannya tidak hanya dituntut untuk memahami ilmu akuntansi secara mendasar saja, tetapi juga dituntut memahami ilmu yang berkaitan dengan teknologi informasi.  Tentu nya tidak cukup bagi para akuntan untuk hanya memiliki kemampuan akademis. Kemampuan akademis yang didapat dari universitas, antara lain: memahami standar, peraturan dan prinsip akuntansi, mengerti siklus akuntansi mulai dari penjurnalan hingga membuat laporan keuangan, dan berbagai ilmu lain yang berkaitan dengan ilmu akuntansi. Tentu hal tersebut dimiliki oleh kebanyakan setiap akuntan yang telah lulus dan bergelar sarjana akuntansi (S.Ak.).

          Pendapat para ahli akuntansi mengatakan bahwa profesi akuntan di masa depan akan digantikan oleh sistem kecerdasan buatan (AI) yang mereka buat untuk menggantikan fungsi akuntan. Dari cerita tersebut, banyak hal positif dari perkembangan dunia teknologi yang memudahkan transaksi bisnis dan mengurangi resiko kesalahan. Dibalik itu semua, para akuntan akan kesulitan dalam mencari pekerjaan dan kalah bersaing apabila yang mereka miliki hanya kemampuan akademis. Diperlukan kemampuan lain selain akademis untuk dapat menambah value dari seorang akuntan.

          Salah satu yang dapat menambah value dari seorang akuntan adalah memahami information system. Ilmu information system mempelajari proses bisnis dan cara membuat teknologi yang dapat mendukung proses bisnis tersebut. Diantaranya adalah apps development, system development, dan software development. Bagaimana hal ini dapat menambah value dari seorang akuntan? Akuntan yang menguasai information system dapat menciptakan sebuah sistem untuk memenuhi kebutuhan akuntansi, yang bertujuan untuk menampung transaksi bisnis, memproses nya dan menghasilkan output yang dapat diandalkan. Kemungkinan terjadinya fraud atau penyelewengan, terutama dalam hal – hal yang tidak sesuai dengan prinsip akuntansi sangat kecil bahkan tidak ada celah sama sekali. Dengan begitu kepercayaan publik akan meningkat pada output, yaitu laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan.


 

Focus dan Scope

          a. Accounting

          b.  Auditing

          c.  Accounting Information System

          d.  Sector Public Accounting

          e.  Taxation

          f.  Entrepreneurship


 

PUBLIKASI

Publikasi bagi pemakalah yaitu ke Prosiding Series ber ISSN, Jurnal ber ISSN, dan 2 Artikel Terpilih Akan dipublikasikan di jurnal  Terakreditasi JIAI dan Jurnal penelitian IPTEKS

Date and Time

Wed, Jul 27, 2022

Articles

Template

Previous Conference Publication

Statistics

Venue

Universitas Muhammadiyah Jember

Speakers

Here are our keynote speakers

Dr. Linna Ismawati, S.E., M.Si.

Dr. Linna Ismawati, S.E., M.Si.

Universitas Komputer Indonesia

Dr. Lu’lu’ Nafiati, S.E., M.Si

Dr. Lu’lu’ Nafiati, S.E., M.Si

Universitas Ahmad Dahlan

Important dates

Take notes on these important dates

Jul 01 - Jul 23, 2011

Registrasi Peserta

Seluruh Calon Peserta Wajib Register Melalui Sistem

Jul 01 - Jul 23, 2022

Pengiriman Abstrak

Bagi Calon Peserta Pemakalah Wajib Megirimkan Abstrak Maksimal 250 Kata

Jul 01 - Jul 26, 2022

Pengiriman Naskah Lengkap

Naskah Yang dikirim Harus Sesuai Dengan Template Yang Sudah di Sediakan

Jul 28 - Jul 28, 2022

Pelaksanaan Seminar Nasional

Universitas Muhammadiyah Jember Virtual Event Menggunakan Zoom Webinar

Registration

Pemakalah Dosen dan Umum
IDR
0

  • Sertifikat Elektronik
  • Publikasi ke prosiding dan atau jurnal

Peserta Biasa (Peserta Seminar)
IDR
0

  • Sertifikat Elektronik

Contact Us

Feel free to contact us if you have any enquiry.

Address

Jl. Karimata No 49 Sumbersari Jember